Softlens bisa bikin buta? Cari tau penyebabnya!

Merawat softlens adalah hal yang wajib agar terhindar dari bahaya yang akan terjadi. Apalagi kalau kamu setiap hari menggunakan lensa kontak (softlens), yang notabene menempel di kornea mata.

Akan menjadi sangat berbahaya jika menggunakan softlens dalam keadaan kotor dan tidak terawat. Oleh sebab itu, Minceu akan membahas bahaya yang akan terjadi, sekaligus tips merawat softlens dengan benar.

Bahaya Tidak Merawat Softlens

Softlens memiliki manfaat estetika sekaligus kesehatan. Estetika karena memberi tampilan yang lebih indah, lensa kontak tersedia banyak motif, warna, dan ukuran.

Sedangkan manfaat kesehatan, karena dapat membantu penderita mata minus, plus, atau silinder memperoleh visual lebih fokus dan jelas.

Guna mendapat kedua manfaat tersebut, perlu melakukan perawatan lensa kontak dengan benar. Berikut adalah risiko kalau kamu malas atau mengabaikan proses perawatan softlens.

1. Softlens Berjamur

Softlens berjamur adalah keadaan paling umum karena pengguna mengabaikan kebersihan, atau melakukan cara merawat softlens yang salah. Lensa kontak yang kotor menjadi rumah bakteri dan jamur, alhasil membuatnya kotor.

2. Iritasi Mata

Berangkat dari masalah pertama, softlens berjamur, kalau CTK Babe tetap menggunakannya akan menimbulkan iritasi mata. Jika tidak sengaja memakai lensa kontak yang sudah berjamur, segera lepaskan dan konsultasi ke dokter spesialis mata.

3. Kebutaan

Risiko selanjutnya jika mengenakan softlens berjamur/kotor/terinfeksi, mengalami iritasi namun tidak segera dibawa ke dokter, dampak paling serius adalah kebutaan.

Cara Merawat Softlens dengan Benar

Untuk menghindari berbagai risiko yang terjadi, serta tetap menjaga manfaat softlens berupa estetika dan kesehatan. Melakukan perawatan softlens dengan benar adalah sesuatu yang wajib ya CTK Babe!

1. Rendam Lenscase

Pertama, rendam tempat softlens atau lenscase sebelum digunakan pada air hangat selama beberapa menit. Ada baiknya kamu menggunakan air mendidih yang sudah didinginkan.

2. Isi Lenscase dengan Air Lensa

Sebelum menyimpan softlens, isi dulu lenscase dengan air lensa mata. Dalam hal ini tentu kamu sudah tahu bahwa tidak mungkin menggunakan air biasa ya CTK Babe.

3. Taruh Softlens dengan Hati-Hati

Hati-hati menaruh softlens ke lenscase, pastikan tidak ada bagian yang tertekuk atau terbalik.

4. Rendam selama 8 Jam

Rata-rata waktu merendam softlens minimal adalah empat (4) jam sebelum kamu kenakan. Namun untuk amannya, kamu sebaiknya merendam setidaknya delapan (8) jam.

Setelah melakukan semua instruksi di atas, sebelum menggunakan softlens basahi mata dengan obat tetes mata. Hal ini sebagai langkah preventif untuk memastikan tidak akan terjadi iritasi.

Jangan lupa untuk selalu ganti juga air lensa secara berkala supaya tidak ada sisa bakteri dan jamur di sana. Cara merawat softlens di atas harus kamu lakukan dengan rutin, ya. Seperti kata orang bijak, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.