Softlens Terbalik? Begini Cara Mengenalinya!

Menggunakan softlens (lensa kontak) merupakan salah satu cara populer untuk memperbaiki penglihatan atau sekadar memperindah tampilan mata. Namun, salah satu tantangan yang sering dihadapi pemakai softlens yaitu bedain softlens yang terbalik atau tidak. Memakai softlens dengan cara yang salah tidak cuma bisa bikin ketidaknyamanan, tetapi juga merusak mata.

Agar tidak lagi salah dan menyebabkan mata perih hingga iritasi. Berikut minceu kasih tips praktis untuk memastikan softlens yang kalian gunakan sudah benar ya.

1. Motif Lebih Tajam/Bold

Salah satu cara untuk mengetahui apakah softlens terbalik atau tidak adalah dengan melihat motifnya. Softlens biasanya memiliki motif atau pola tertentu yang dapat membantumu menentukan sisi yang benar.

Perhatikan Pola Motif nya, tempatkan softlens di tangan atau ujung jari dengan sisi yang melengkung menghadap ke atas. Perhatikan dengan seksama pola atau motif pada softlens. Jika motif terlihat lebih tajam dan bold, berarti softlens tersebut berada pada posisi yang benar.

Bandingkan dengan sisi lain. Jika masih ragu, balik softlens dan perhatikan pola motif pada sisi lainnya. Motif yang lebih kabur atau tidak tajam menandakan bahwa softlens dalam posisi terbalik.

2. Bentuk Seperti Mangkuk

Cara lain yang efektif untuk membedakan softlens yang terbalik adalah dengan memperhatikan bentuknya. Softlens yang benar harus memiliki bentuk seperti mangkuk sempurna.

Letakan di Alat Pasang

Tempatkan softlens di alat pasang dengan bagian yang melengkung menghadap ke atas. Pastikan softlens berada dalam posisi yang stabil.

    Amati Bentuknya

    Perhatikan dengan seksama bentuk softlens. Jika softlens membentuk mangkuk sempurna dengan tepi yang melengkung ke dalam, maka softlens tersebut berada pada posisi yang benar. Tapi jika softlens melengkung ke luar, membentuk seperti piring dengan bibir yang melebar, berarti softlens dalam posisi terbalik. Jangan gunakan softlens dalam posisi ini karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan potensi iritasi mata.

    Memastikan softlens dalam posisi yang benar sangat penting segi kenyamanan dan kesehatan mata. Dengan memperhatikan motif yang lebih tajam/bold dan bentuknya yang seperti mangkuk, kamu bisa dengan mudah membedakan apakah softlens terbalik atau tidak. Selain itu, memilih softlens dari tempat terpercaya seperti CTK Softlens akan memberikan jaminan kualitas dan keamanan.

    Itulah cara bedain softlens terbalik atau tidak. Untuk mendapatkan softlens dengan desain menarik dan kualitas terjamin, kunjungi CTK Softlens dan temukan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pilih softlens yang tepat dan gunakan dengan benar untuk pengalaman yang nyaman dan aman.